Perang Suriah Terbukti Dikendalikan Dengan Remote Control Dari Luar Negeri

Perang di Suriah tampaknya semakin dikendalikan dengan remote control dari luar negeri. Hampir semua negara di wilayah ini tampaknya terlibat .  Qatar menyediakan bagian terbesar dari dananya ke Tentara pembebasan Suriah. Namun, investasi tersebut hasilnya sangat mengecewakan. Untuk menghindari dananya terbuang sia-sia, Qatar telah memutuskan untuk membagikan mereka atas dasar tindakan yang dilakukan. 

 

Perilaku Korup para pimpinan Oposisi Suriah

“Musim Semi Arab” yang dihasut oleh Qatar dan sekutu-sekutunya di Suriah secara perlahan tapi pasti mulai mereda, dan orang-orang yang nyata di balik tontonan mengerikan yang dikenal sebagai “Revolusi Suriah” sedang dihakimi oleh para bossnya dengan tanpa ampun.

Pejabat tinggi di Qatar yang ingin tetap anonim mengatakan kantor pada berita Arab bahwa monarki Qatar menjadi semakin kecewa dengan pemberontak dan oposisi Suriah. Meluasnya kasus suap dan disipasi dana oleh pemimpin pemberontak, yang  justru “menghabiskan lebih banyak waktu mereka di hotel di Turki, Eropa, negara-negara di Teluk dan Mesir”. Bukannya melakukan misi tempur, bertanggung jawab untuk ini perubahan sikap terhadap orang-orang di balik revolusi Suriah, etapi malah melancong ke mana-mana.

Kedua koalisi yang baru-terorganisir dan veteran oposisi Suriah telah lama menjadi antek monarki Qatar untuk melawan pemerintah Suriah . Mereka menerima dana yang luar biasa besar dari rejim Qatar, tetapi hasil lapangannya sungguh membuat Qatar sangat berang. Para donor dari Qatar mulai balik kucing dan mengubah kebijakan engan hanya mendanai aksi-aksi tempur yang benar-benar berhasil. Hal ini memaksa para pemberontak Suriah untuk mau tidak mau harus melakukan serangan setiap hari. Agar, hasilnya kelihatan luar biasa hebat, maka mereka harus melakukan publikasi super gencar, walaupun seringkali sangat terlihat sebagai propaganda murahan. Eloknya, media barat-pun begitu mudah terkesima. Padahal, dilapangan sendiri, sebenarnya Tentara Pembebasan Suriah, cepat atau lambat mulai diberangus habis oleh tentara Suriah. Akhir-akhir ini pergerakan mereka mulai menyempit. Mereka hanya dapat mengganggu tentara Suriah di sekitaran perbatasan Turki, sementara disana juga mendapatkan resistensi yang luar biasa dari gerilyawan Kurdi (Kurdish YPG).

 

Dukungan publik terhadap Tentara Pembebasan Suriah semakin melemah

Beberapa tindakan tentara bayaran termasuk FSA  terhadap penduduk lokal telah menyebabkan ketidakpuasan yang serius dan menyebabkan konflik tidak hanya dengan warga sendiri, tetapi juga antar pejuang dari FSA yang berasal dari Suriah asli, Terutama yang beroperasi di bawah naungan Al-Qaeda, sebenarnya telah terjadi rivalitas yang panas antar pasukan pemberontak non-Suriah dengan pasukan pemberontak yang berasal dari Suriah.

Dalam hal kesehatan mental, kekejaman dan ketelengasan mereka yang luar biasa justru membuat warga sipil menjadi sangat ketakutan. Belum lagi perilaku kriminal mereka yang suka menculik penduduk asli dan ujung-ujungnya meminta tebusan. Tidak pandang bulu, apapun etnis dan agamanya, jika tidak mendukung gerakan mereka dalam kawasan teritorinya, jangan harap bisa selamat. Pembantaian, penjarahan, dan bahkan pemerkosaan menjadi sesuatu hal yang sangat mudah ditemukan dimanapun mereka berada.

Baru-baru ini, pemberontak melepaskan tembakan brutal pada demonstrasi damai yang diselenggarakan oleh penduduk dari salah satu lingkungan di Aleppo sebagai tanda protes menuntut bahwa kota Allepo harus dibersihkan dari para teroris (Tentara Pembebasan Suriah). Bahkan, Universitas Allepo yang dulunya merupakan salah satu basis pergerakan menentang Assad di Allepo-pun turut dihujani roket oleh Tentara Pemberontak Suriah. Hasilnya, lebih dari 80 mahasiswa tewas.

 

Tentara Suriah Semakin Cerdik, Tentara Pembebasan Suriah Semakin Kehilangan Akal Sehat

Kalau kita ikuti perkembangan pertempuran di Suriah dengan sedikit jeli, maka akan terlihat bahwa pengunggahan video oleh Tentara Pembebasan Suriah mulai jarang. Mereka hanya dapat melakukan propaganda yang diulang-ulang ataupun berbagai peristiwa masa lalu yang dikemas ulang. Hampir semua video yang diunggah dan seolah-olah kemenangan gilang-gemilang mereka sebenarnya merupakan hasil kemas ulang peristiwa-peristiwa pertempuran dimasa lalu.

Sementara, dilapangan, daerah kekuasaan Tentara Pemberontak Suriah mulai direbut oleh Tentara Assad. Hom, Hama, Idlib, Darraya, Allepo, dan masih banyak lagi, sudah dikuasai kembali oleh tentara Assad. Pelan tetapi pasti, Tentara Pembebasan Suriah mulai terdesak keluar Suriah.

Kekuatan tempur utama Tentara Pemberontak pun mulai habis. Jabhat Al Nushra, Al-Sham Falcon Brigade, dan masih banyak lagi semakin banyak kehilangan anggota. Hanya tinggal North Storm Battalion yang masih kelihatan solid dan aktif di perbatasan Turki, sementara dalam minggu terakhir, kekuatan tempur utama tentara pemberontak sama sekali tidak terdengar. Penyerbuan ke Kwers Airport baru-baru ini-pun sama sekali tidak menunjukkan sesuatu yang signifikan, karena Kwers Airport sendiri hanyalah kelas bandara untuk penerbangan perintis, dan hanya dijaga oleh segelintir tentara Suriah.

Sedangkan niatan Tentara Pemberontak Suriah untuk merebut Sere Kaniye (Ras Al Ayn) mendapatkan perlawanan yang luar biasa dari penduduk setempat. Kota yang dihuni oleh mayoritas suku Kurdi ini melakukan perlawanan sengit, dan memilih untuk bertempur habis-habisan dengan Tentara Pemberontak yang di motori oleh Jabhat Al-Nushra.

Nampaknya, Qatar, Saudi, Turki dan negara-negara Barat telah salah perhitungan ketika berharap bahwa Assad akan digulingkan dengan cepat dan kemenangan mereka di Suriah akan berlanjut seperti Libya dan Mesir. Sedangkan PBB entah masih ada di muka bumi atau tidak saat ini. Yang jelas, mereka sudah tidak terdengar suaranya lagi.

 

(By: Detik Jogja)

DINAMIKA EDUKASI DETIK JOGJA

  • Bermula Dari Iseng Malah Jadi Sering Tampil di Berbagai Event

    SIMPA UNY yang merupakan kepanjangan dari “Senandung Indah Musik PGSD Angklung Universitas Negeri Yogyakarta” adalah kegiatan ekstra kurikuler mahasiswa PGSD yang mulanya hanyalah kegiatan iseng. Keisengan mereka tersebut ternyata justru berbuah manis. Beberapa kali unit kegiatan ekstra kurikuler ini justru berkali-kali mendapatkan kesempatan untuk tampil di berbagai event nasional maupun internasional. Tahun 2014 kemarin, SIMPA UNY mendapatkan kesempatan melawat ke negeri jiran Mala ..... Read More

  • UMY Memprakarsai International Culture Festival di Jogja

    Mahasiswa dari 18 negara, diantaranya dari Malaysia, Palestina, Polandia, Thailand, Timor Leste, Turki, Turkmenistan, Ukraina, Vietnam, Australia, China, Jerman, Hungaria, India, Indonesia, Italia, dan Yordania mengikuti kegiatas International Culture Festival di kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada hari Rabu kemarin. Menurut Wakil Rektor I UMY Gunawan Budiyanto, kegiatan seni budaya ini menjadi salah satu sarana komunikasi dan menjalin hubungan antarmahasiswa internasional yang ..... Read More

  • Tim Mahasiswa Fak. Geografi UGM Menjuarai ICPEU II

    Tim mahasiswa Fakultas Geografi UGM meraih Best Paper dua kategori lomba pada The 2nd International Conference Planning in The Era of Uncertainty (ICPEU) di Universitas Brawijaya (3-4 Maret) kemarin. Konferensi tersebut diikuti sekitar 56 presentator dengan peserta sebanyak 400 dari berbagai perguruan tinggi dari berbagai negara. Karya tulis dengan judul Measurement Vulnerability of Unconfined Groundwater Based on Drastic Method for Future Groundwater Management, Case Study: Groundwater Basin of ..... Read More

  • Fasilitas Kurang memadai, Mahasiswa UAD Demo

    Akibat fasilitas kampus dianggap kurang memadai, ratusan mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) melakukan demo di halaman Kampus Jalan Kapas no 9 Jogja pada hari kamis tanggal 26 Pebruari kemarin. Para mahasiswa menuntut pihak pengelola kampus untuk untuk memenuhi hak-hak mahasiswa sesuai brosur yang pernah mereka terima ketika mereka mendaftar sebagai calon mahasiswa di kampus tersebut. Para mahasiswa menganggap bahwa spp yang mereka bayarkan selama ini sama sekali tidak sebanding dengan fasi ..... Read More

  • Mahasiswa UST Juara Lomba Debat HIV/AIDS

    Mahasiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta yang tergabung dalam  Pusat Informasi dan Konseling Mahasiswa (PIKM) Impact Dewantara menjadi juara pertamaLomba Debat Mahasiswa Generasi Peduli HIV dan AIDS tingkat DIY.Sementara itu, juara dua diraih oleh tim mahasiswa Unriyo dan juara tiga diraih oleh tim mahasiswa Stikes Surya Global. Mahasiswa yang tergabung dalam Tim PIKM Impact Dewantara inidiantaranya Abdul Lian Aziz (mahasiswa semester IV Fakultas Psikologi), Sulistyawati P ..... Read More

INFO DETIK JOGJA & SEKITARNYA

  • PK Ditolak, Kejati Jogjakarta Siap Eksekusi Mati Mary Jane

    Terpidana kasus narkoba asal Filipina, Mary Jane beberapa waktu lalu divonis mati oleh Hakim Pengadilan Negeri Sleman. Ia dijatuhi hukuman mati karena melanggar pasal 114 ayat 2 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Ia sebagai kurir narkoba tergabung dalam jaringan internasional itu ditangkap di Bandar Udara Adisucipto, Jogjakarta pada 24 April 2010. Petugas bea dan cukai Bandara Adisucipto mendapati dirinya menyelundupkan heroin seberat 2,622 kilo. Mary Jane sempat mengajukan gra ..... Read More

  • Longsor, Jalan Alternatif Purworejo-Jogja dan Purworejo-Magelang Putus

    Pohon sonokeling beserta akarnya tumbang menutup jalan alternatif Purworejo-Jogja pada Rabu (25/3) petang. Tanah yang berada di sekitar akar pohon juga turut menimbun jalan.  Angin kencang membuat pohon tumbang menimbun ruas jalan di Desa Plipir Kecamatan Purworejo sehingga ratusan pengguna jalan tidak bisa melintas.  Beruntung, warga setempat sempat menghentikan pengendara yang akan melintas karena sudah terlihat tanda bahwa pohon akan tumbang. Kabel milik PLN juga ikut tertimpa pohon sehingga ..... Read More

  • Hama Ulat Serang Tanaman Cabai di Sukoharjo

    Produksi tanaman cabai di Sukoharjo nampaknya tidak berjalan mulus. Curah hujan yang tinggi, angin kencang dan serangan hama ulat menjadi penghambatnya. Salah satu petani cabai asal Sukoharjo awalnya berharap dapat mendapat peluang besar namun ternyata banyak kendala dihadapi ketika menanam cabai ketika musim penghujan. Intensitas hujan yang tinggi membuat bunga tanaman cabai rontok sehingga gagal berbuah. Ditambah lagi serangan ulat yang membuat kualitas cabai memburuk dan mudah busuk. Serangan ..... Read More

  • Kuda Penarik Andong Melahirkan di Titik Nol Yogyakarta

    Salah satu kuda penarik andong tiba-tiba terbaring lemas di jalan raya, titik nol Jogjakarta. Pihak kepolisian Jogjakarta melalui akun twitter @polresjogja pada 22 Maret 2015 tertulis bahwa ada seekor kuda yang melahirkan di kawasan titik nol Jogja. Postingan tersebut beredar di dunia maya dan membuat pecinta hewan prihatin. Animal Friends Jogja yang merupakan organisasi pecinta hewan menyampaikan kekecewaannya serta akan melaporkan kejadian tersebut pada yang berwajib. AFJ menilai bahwa peristi ..... Read More

  • Harga Bawang Merah di Jogja Melonjak

    Selama sepekan terakhir harga bawang merah di sejumlah pasar tradisional Jogja terus melonjak. Harga sebelumnya 16.700 per kilo kini menjadi 28.700 per kilo. Stok pasokan bawang merah lokal terbatas karena memang bukan musimnya, apalagi musim hujan seperti saat ini membuat tanaman bawang merah cepat busuk. Sedangkan pedagang tidak dapat membeli bawang merah impor jatuhnya mahal karena nilai tukar dolar terhadap rupiah semakin tinggi. Diperkirakan harga bawang merah akan stabil ketika musim panen ..... Read More

E-LEARNIING DETIK JOGJA

  • Download Soal, Kunci jawaban dan Pembahasan UN & SNMPTN 2014

    Ini adalah kumpulan soal, Kunci Jawaban beserta Pembahasan dari soal-soal pada UN dan SNMPTN 2014. Kumpulan dan Jawaban maupun pembahasannya dalam bentuk pdf ini diunduh dari situs  Universitas Esa Unggul. Soal, kunci jawaban dan pembahasan ini ditujukan agar para calon peserta ujian dapat mempersiapkan diri dengan baik dengan cara belajar dan berlatih terus-menerus dengan soal-soal bersangkutan agar mampu menyelesaikan semua soal yang harus dijawabnya pada ujian mendatang secara benar dan legal ..... Read More

  • Pengakuan dan Penilaian Tagihan Usaha

    Diskusi tentang tagihan atau piutang menarik untuk dilakukan pada kelas akuntansi pengantar maupun akuntansi keuangan menengah. Persaingan bisnis menuntut perusahaan mempermudah konsumen memperoleh barang dan jasa dengan melakukan penjualan secara kredit. Penjualan barang-barang dan jasa-jasa dari perusahaan pada saat ini banyak dilakukan dengan kredit sehingga ada tenggang waktu sejak penyerahan barang atau jasa sampai saat diterimanya uang. Dalam tenggang waktu tersebut penjual mempunyai tagih ..... Read More

  • Utang Lancar Harus Ditopang Dengan Aset Lancar

    Hari ini Masjoen memaparkan tentang utang lancar dalam sebuah kelas akuntansi keuangan menengah di kampus tempat Masjoen mengajar. Secara konsep yang dimaksud kewajiban merupakan pengorbanan manfaat ekonomi di masa yang akan datang yang sangat mungkin terjadi akibat kewajiban suatu badan usaha pada masa kini untuk mentransfer aset atau menyediakan jasa pada badan usaha lain di masa yang akan datang. Menurut akuntansi utang atau kewajiban dipisahkan menjadi dua yaitu utang jangka pendek dan utang ..... Read More

  • Keuntungan E-Bisnis

    Internet dan munculnya e – bisnis telah memfasilitasi pengusaha dengan banyak keuntungan dan peluang baru. Internet telah menciptakan lingkungan bisnis di mana waktu dan jarak menjadi bukan kendala lagi. Semua orang memiliki akses ke informasi lebih lanjut untuk membantu mereka membuat keputusan dan konsumen memiliki akses yang lebih baik untuk mengetahui lebih luas dari produk dan layanan perusahaan. Manfaat yang signifikan bagi pengusaha adalah bahwa investasi awal untuk memulai e – ..... Read More

  • Pengenalan Singkat Terhadap E-Bisnis

    E -bisnis (atau bisnis elektronik ) adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan menggunakan internet untuk menjalankan bisnis Anda . E – bisnis hanya mewakili sebagian kecil dari bisnis di seluruh dunia , tetapi salah satu sektor yang paling cepat berkembang dan menyediakan pengusaha dengan peluang bagus untuk memasuki pasar . Dalam arti sejarah , internet adalah cara yang relatif baru di mana pertumbuhan e -bisnis melesat sejak tahun 1990 . Internet menyediakan konsumen dengan penin ..... Read More

EBOOK GRATIS DETIK JOGJA